Jumat, 09 September 2011

RANCANGAN PROYEK PROPOSAL MUSYAWARAH BESAR DAN REUNI AKBAR ALUMNI UNTAG JAKARTA.

I. PENDAHULUAN :
Organisasi sebagai suatu wadah berkumpul, berkreasi, berbagi, bergaul, dan bekerjasama, sangat diperlukan oleh setiap orang. Begitupun organisasi yang mewadahi alumni Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (selanjutnya disingkat dengan Untag Jakarta) diperlukan oleh para alumni, dalam berbagai hal tersebut di atas. Namun, sayangnya wadah alumni Untag Jakarta, yang dahulu bernama IKALUNITA kemudian berganti nama menjadi IKALUNTAG, sejak tahun 2002 beku (vacuum).Dengan semangat kebersamaan, beberapa orang alumni memulai inisiatif yang sederhana yaitu bagaimana wadah alumni Untag Jakarta itu bisa hidup, tumbuh dan berkembang seperti sedia kala. Tidak diduga, respon yang luar biasa dari para alumni, terlihat dari berbagai dialog, saran, masukan, dan kritik pada jejaring sosial
ketika mulai dibuka akun (account) Facebook yang diberi nama: KAUKUS ALUMNI UNTAG JKT. Dari situlah, sharing berbagai hal mulai mengalir, sejalan dengan makin banyaknya alumni yang masuk menjadi anggota atau dimasukkan untuk menjadi anggota (members) dari akun tersebut. Dari mulai pembahasan tentang nama wadah alumni sampai jadual acara kegiatan yang akan dilaksanakan.

II. NAMA PROYEK :
MUSYAWARAH BESAR DAN REUNI AKBAR
ALUMNI UNTAG JAKARTA.
III. DASAR PEMIKIRAN :
Berawal dari sekedar mengadakan reuni alumni Untag Jakarta yang berarti menciptakan sebuah event untuk berkumpulnya para alumni, namun ternyata wadah alumni berupa organisasi alumni sedang tidak hadir pada kehidupan kampus Untag Jakarta. Sebagai salah satu unsur civitas academica, alumni dan wadahnya terabaikan keberadaannya, padahal banyak hal yang bisa digarap jika pihak kampus (baik Yayasan maupun Rektorat) merasa alumni dan wadahnya adalah bagian yang tak terpisahkan dari kampus dan dapat dijadikan mitra sejati dari pihak kampus.
Atas dasar itu, dimunculkan inisiatif untuk mengadakan reuni dan sekaligus berusaha menghidupkan wadah alumni yang beku tersebut. Supaya gaung kebersamaan, serta persatuan alumni menguat dirancanglah acara Reuni Akbar Alumni Untag Jakarta yang diharapkan dapat menghimpun alumni dari tahun 1961 sampai dengan 2011 (50 tahun) dan alumni dari semua fakultas.
Diketahui bahwa ada wadah alumni tingkat fakultas yang hidup, tumbuh dan berkembang seperti wadah alumni Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Farmasi (FF), yang diharapkan dapat menjadi kekuatan pendorong lahirnya wadah pemersatu alumni Untag Jakarta.
Walaupun ada suara sumbang dan nada pesimis termasuk polemik kondisi Untag Jakarta saat ini dan tentang terwujudnya acara ini, namun usaha maksimal bagi terlaksananya kegiatan itu adalah jawaban konkret atas semua keraguan. Dibarengi dengan do’a yang terus menerus, kami berharap agar mendapat dukungan dari berbagai pihak hingga kegiatan itu dapat berjalan sesuai dengan rencana. Untuk itu, dirasakan perlu diadakan Musyawarah Besar (Mubes) dan Reuni Akbar Alumni Untag Jakarta, tahun 2011.

IV. THEMA KEGIATAN :
”Mubes dan Reuni Akbar Alumni Untag Jakarta, berupaya untuk melahirkan wadah alumni, kemaslahatan bersama, dan kontribusi bagi Kampus Tercinta”.

V. MOTTO KEGIATAN :
”Dengan bersatu-padu, niscaya akan mampu meraih apa yang kita mau”.

VI. TUJUAN KEGIATAN :
1. Terbentuknya Wadah Alumni yang menjadi tempat berhimpunnya seluruh alumni Untag Jakarta.
2. Melahirkan rasa simpati dan empati alumni Untag Jakarta kepada kondisi bangsa saat ini, khususnya bagi sesama alumni Untag Jakarta.
3. Menciptakan keinginan para alumni untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi eksistensi Kampus Tercinta (Untag Jakarta).

VII. WAKTU KEGIATAN :
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 2, 3, 9, dan 10 Desember 2011.

VIII. JENIS KEGIATAN :
Kegiatan Sosial : Donor Darah dan Khitanan Massal.
Kegiatan Ilmiah : Panel Diskusi tentang Pemilukada DKI Jakarta.
Kegiatan Organisasi : Musyawarah Wadah Alumni Fakultas masing-masing,
dan Musyawarah Besar Wadah Alumni Untag Jakarta.

IX. TEMPAT KEGIATAN :
Kampus Untag; Jl. Sunter Podomoro, Jakarta Utara.

X. SUSUNAN ACARA :
XI. SUSUNAN PANITIA :
XII. ANGGARAN BIAYA :
XIII. PENUTUP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar