Minggu, 11 Desember 2011

Reuni Akbar Alumni UNTAG Jakarta 2011 dalam Kenangan

Sambutan Ibu OE Panjaitan 
Reuni Abar Alumni UNTAG Jakarta 2011diselengarakan pada tanggal 10 Desember 2011 di Hotel Acacia Ruang Rose 1-2 Jln Kramat Raya No.73-81 Jak Pusat.Pertemuan ini diawali Pada hari Rabu, 29 Juni 2011, Jam 11.00. s/d 14.30., di Bale Bengong, Halim, Jaktim, dengan hasil sbb:
1. Dipilih Ketua Panpel Herry Rumawatine, dan kemudian terpilih Wakil Ketua I; Muh. Abudan, dan Wakil Ketua II; Bakrie Thamher, dan Sekretaris: Fetty, Wakil Sekretaris: Parman, serta Bendahara: Lolo Glorina Agung, Wakil Bendahara: Yulia, kemudian Seksi-seksi (tapi belum lengkap).

2. Ditetapkan akan diadakan REUNI AKBAR ALUMNI UNTAG JKT (utk semua angkatan (dari tahun 1975 s/d 2011) dan semua fakultas).

3. Ditetapkan bahwa REUNI AKBAR itu akan diadakan pada hari Sabtu, tgl 10 Desember 2011.

4. REUNI AKBAR itu akan diadakan di halaman Kampus UNTAG JKT, utk memperkenalkan (mengingatkan) Alumni bahwa kita punya Kampus di Sunter, Jakut.

5. Kegiatan REUNI AKBAR itu akan diadakan dengan (secara) "merakyat" (dari itu kenapa menggunakan Kampus Untag Jkt, bukan menggunakan Gedung mewah).J
Kemudian diteruskan dengan rapat ke-dua Pada hari Jum'at, 29 Juli 2011, Jam 15.45. s/d 17.50. di KFC, Gelael, Jl. MT. Haryono, Jkt dengan hasil sbb:
1. Tdk Ada Perubahan apa pun tanpa Kesepakatan Bersama (Keputusan) Rapat.
2. Koord. Sie. Acara (menggantikan bung Hotma Hutauruk) adalah Hadi Purwanto (saran dari Bang Bakrie), dan Wakilnya Dewi Diosa (Alumni FE, saran dari bung Hotma Hutauruk).
3. Panpel harus mengajak pihak pimpinan UNTAG Jkt utk terlibat sbg Penasihat.
4. Sekretariat Panpel bertempat di rumah Mas Triadi Suparta, di kawasan Warung Buncit. Juga disepakati alternatif tempat acara Reuni, yaitu: Kampus Sunter, Taman Mini, Bumi Perkemahan Ragunan, Ancol, dan Setu Babakan (Lenteng Agung).
Disusun kelengkapan Seksi Penggalangan Dana (Fund Rising): Marsil (Koord.), Doni Gultom (Wakil), Hj. Lusi, Artati, Maman Suparman, dan Sidik (usulan Bang Bakrie, tapi usulannya yg lain, memasukkan nama Eddy dan isterinya, Lusi, belum bisa disalurkan). Segera dibentuk Koord. Alumni per Fakultas dan per Kab./Kota untuk inventarisasi Alumni di Fakultas dan/atau Daerahnya. Panpel juga ditugaskan utk menginventarisir Alumni.
Disepakati bahwa setelah acara selesai, harus ada Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan secara keseluruhan dan disampaikan kepada Donatur.Disepakati pula bahwa acara Reuni ini akan dikerjakan sendiri, tidak akan diserahkan pada E.O. (event Organizer). Dianjurkan diadakan Buka Puasa Bersama pada pertengahan Agustus dan Halal Bihalal pd bln September, dlm rangka pematangan isi (content) dari proposal. pada Rapat berikutnya diharapkan sudah bisa mengundang para Koord. Alumni masing2 Fakultas, dan diharapkan sudah bisa menempati Sekretariat pada bln September (habis Lebaran). Pembahasan materi proposal sampai sponsorship diharapkan bisa diselesaikan paling lambat pada bln September, dan pada bulan itu juga diharapkan proposal lengkap sudah bisa diedarkan. Diupayakan untuk membentuk Koord. Alumni per angkatan per fakultas, agar memudahkan komunikasi dan publikasi. Hari "H" Acara Reuni Akbar Alumni Untag Jkt, pada 10 Desember 2011, diharapkan untuk tidak diubah. Yang belum disepakati, Rapat masing2 Seksi utk dimuat sbg materi proposal secara lengkap. Diusulkan pula, agar dibentuk Koord. Alumni per instansi, untuk memudahkan koordinasi & komunikasi.

Hasil Rapat Panpel Reuni Akbar Alumni Untag Jkt (Rapat ke-3) :

(sehabis Buka Puasa Bersama) pada tgl 13 Agustus 2011 (Sabtu), jam 17.00. s/d 18.00. dan bersambung jam 18.45. s/d 20.35, di tempat mas Triadi Suparta atau Sekretariat Panpel (Perumahan Buncit Indah, Jl. Mimosa II, Blok D, No. 3, Jaksel), sbb:

1. Bahwa Panpel berusaha untuk membentuk wadah (organisasi) Alumni Untag Jkt. (Apakah namanya IKALUNITA, IKALUNTAG atau lainnya belum diputuskan).

2. Bahwa wadah Alumni tersebut diupayakan dapat menjadi alat meningkatkan persahabatan dan persaudaraan sesama Alumni, dan;

3. Bahwa para Alumni berusaha untuk menjalin hubungan baik dengan pihak Yayasan (YPT) dan pihak Untag Jkt. Semuanya akan dimatangkan pada Rapat setelah acara Halal-Bihalal, pada Sabtu, 17 September 2011, jam 14.00. s/d selesai, di Sekretariat Panpel.

Disepakati hal2 sbb:

1. Segera bikin Kertas Kop dan Stempel (tapi belum disepakati corak & motifnya).

2. Mulai bln Sept, diusahakan ada yg jaga Sekretariat (tapi belum ada jadual piketnya).

3. Petugas Jaga/Piket Sekretariat memegang hp Flexy milik Panpel sbg alat komunikasi.

4. Panitia Inti (8 orang) harus segera menemui pihak Yayasan dan Rektorat Untag Jkt, utk meminta kesediannya duduk sbg Penasihat.

5. Thema & Motto Kegiatan berdasarkan ketiga 3 di atas (tapi belum disepakati redaksinya bagaimana).

6. REUNI AKBAR diadakan untuk menjadi ajang pertemuan Alumni Untag Jkt, dari tahun 1961 s/d 2011 (50 tahun) memperluas cakupan Alumni yang tadinya dari tahun 1975 s/d 2011.

Disepakati juga Kegiatan Acara Reuni dibagi 2 macam, yaitu:

1. PRA Kegiatan, berupa Kegiatan Sosial seperti: Donor Darah, Sepeda Santai, Santunan kepada Anak Terlantar (Yatim Piatu), Khitanan Massal, dll.

2. PUNCAK Kegiatan, dgn Susunan Acara yg berujung pada penandatanganan naskah terbentuknya wadah Alumni Untag Jkt (tapi tiba2 ada usulan Susunan Acara dari bung Hotma Hutauruk, jadi ada baiknya tinggal dibahas). Pembentukan Koord. Alumni per Fakultas, per Angkatan, per Wilayah, dan per Instansi (Kantor), masih belum tuntas. Disepakati Komitmen Alumni, terhadap 3 hal tersebut di atas sbg tujuan Alumni secara Umum.
Susunan Acara :

1. Sambutan Selamat Datang oleh protokol, durasi : 3 menit

2. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, durasi : 5 menit

3. Mengheningkan Cipta (music), durasi : 5 menit

4. Menyanyikan Lagu Mars Untag, durasi : 5 menit

5. Pembacaan Panca Brata, durasi : 5 menit

6. Laporan Panitia Pelaksana, durasi : 10 menit

7. Sambutan Rektor UNTAG Jakarta, durasi : 10 menit

8. Sambutan Ketua YPT-17, durasi : 10 menit

9. Break/Rehat/Makan, durasi : 45 menit

Paduan Suara, Band, & Tarian.

10. Pelantikan IKALUNTAG, durasi : 25 menit

Ikaluntag tingkat Universitas dan Fakultas

11. Sambutan Ketua Ikaluntag, durasi : 5 menit

12. Do'a Penutup

13. Ramah Tamah & Selesai.



Hasil Rapat Panpel ke-4 (tgl 17 September 2011), di Sekretariat Panpel:

Sehabis acara Halal Bihalal Alumni Untag Jkt, kesepakatan yg dibuat adalah sbb :

1. Disebut Alumni angkatan tahun berapa, berdasarkan tahun tamatnya (kapan dia menjadi Alumninya). Itulah yg menjadi anggota organisasi Alumni Untag Jkt, sedangkan yg masuk Untag Jkt tetapi tdk tamat, hanya menjadi peninjau.

2. Kepastian tempat acara (Hotel atau Kampus) harus segera diputuskan, untuk memantapkan isi Proyek Proposal (Ajuan Kegiatan).

3. Harus segera ditentukan Koordinator Acara masing-masing kegiatan, yaitu: Kegiatan Sosial (Donor Darah & Khitanan Massal), Kegiatan Pameran (Foto Kegiatan di Untag Jkt), Kegiatan Ilmiah (Panel Diskusi ttg Pemilukada DKI Jkt), dan Kegiatan Organisasi (Musyawarah Wadah Alumni masing-masing Fakultas & Musyawarah Besar Wadah Alumni Untag Jkt).

4. Menyempurnakan Proyek Proposal dgn Sponsorship.

5. Audiensi ke Rektor & Ketua Yayasan (YPT) Untag Jkt, setelah mendapat masukan dari Sdr. Fauzan.

6. Terus mengumpulkan data base Alumni Untag Jkt, disamping yg sdh ada pd Panpel akan ditambah data itu dgn memintanya dari pihak Rektorat (melalui Sdr. Fauzan).

7. Melengkapi personil kepanitiaan dgn orang-orang yg mau kerja sosial, agar Panpel bisa bekerja lebih cepat.

8. Disepakati ada Koordinator Alumni pada masing-masing Fakultas, yaitu:

a. FISIP : Rudita (Dita), Suprianto (Anto), dan Sarbini.

b. FIA : Marfinia (Nia), Firman.

c. FH : Esther Fridag Sibarani, Wayan Yuni.

d. FE : Gomgom Manurung, Fihir Aidid.

(FT & FF belum dapat nama pasti).

Demikian, harap maklum.

Wakil Ketua Panpel: Muhammad Abudan.


HASIL PERTEMUAN DENGAN KETUA YAYASAN UNTAG JAKARTA



Pertemuan antara Panpel Reuni Akbar Alumni Untag Jakarta dengan Yayasan Perguruan Tinggi 17 Agustus 1945 Jakarta, yang diadakan pada hari Rabu, 23 Nov 2011 di hotel Harris, Kelapa Gading, Jakarta, berlangsung singkat dan efektif, hanya kurang lebih 30 menit, menghasilkan:
Pihak Yayasan pada prinsipnya mendukung acara Reuni Akbar Alumni Untag Jakarta.
Pihak Yayasan akan membuat Surat Edaran, agar seluruh Karyawan dan Dosen yang juga merupakan Alumni Untag Jakarta agar mendukung, berpartisipasi dan hadir pada acara Reuni Akbar yang akan diadakan pada 10 Desember 2011, di Hotel ACACIA, Jakarta Pusat.
Pihak Yayasan akan berpartisipasi aktif dan mendukung acara Reuni Akbar, baik moril maupun materiil.
Pihak Yayasan akan membuat pernyataan di website Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, tentang dukungan Yayasan pada acara Reuni Akbar tersebut.
Pihak Yayasan akan membuat spanduk di kampus dan di depan hotel, sebagai bukti dukungan dimaksud.

Pihak Yayasan : Ketua (pak Rudyono Daarsono) dan Sekretaris (bang Fatah Jaelani).

Pihak Panpel : Muhammad Abudan (Ketua), Sarbini (Wakil Ketua), Ippol Masdipuro Samosir (Seksi Dokumentasi/Publikasi), dan Esther Fridag Sibarani (Seksi Acara).

Saksi : Yadi Mulyadi dan Robert.

Itulah hasil kerja keras PANPEL sehingga acara ini bisa terwujud dan berjalan dengan baik.







Alumni FE dalam Reuni Akbar Alumnni UNTAG Jakarta
Raya No.73-81 Jak Pusat
Foto dalam acara Reuni Akbar Alumni UNTAG Jakarta
Joget Ria para Aumni yang hadir dalam Reuni Akbar Aumni UNTAG Jkt
Joget Ria para Aumni yang hadir dalam Reuni Akbar Aumni UNTAG Jkt

2 komentar:

  1. Ahh...sayang saya tdk hadir, saya lulusan FIA-Niaga th 1989, adakah teman seangkatan yang datang ?

    BalasHapus
  2. Sekarang HAnya lah tinggal kenangan UNTAG 45,
    hanya tersisa kenangan2 an manis saja.
    sekarang UNTAG tlah brbah nama mnjdi UTA'45 , dengan manajemen baru , dan tentu nya dengan pejabat2 baru.
    UNTAG bukan sprti dulu kala, kampus yg asri,sejuk,dan peraturan2 yg tidak membeban kan mahasiswa.

    BalasHapus